Minggu, 20 Maret 2016

saranadanprasaranapendukungpariwisatadiIndonesia


SARANA DAN PRASARANA PENDUKUNG PARIWISATA DI INDONESIA

Berwisata tentunya adalah sesuatu yang akan membuat kita merasa senang karena bisa menghilangkan penat dan jenuh setelah sibuk dengan routinitas dan aktivitas sehari-hari. Dengan berwisata kita dapat menemukan sesuatu yang baru dan pengalaman yang mengesankan, membuat kita merasa rileks dan nyaman dengan kondisi tersebut. Begitu pula dengan penunjang sarana dan prasarana pendukung pariwisata yang ada di Indonesia.

Pariwisata merupakan suatu sistem, yang mempunyai unsur-unsur yang satu sama lain saling terkait dan berhubungan satu sama lain. Keberadaan (eksistensi) dan keeratan hubungan unsur-unsur itu menggambarkan sampai seberapa kuat Sistem Kepariwisataan tersebut. Apabila salah satu unsur tidak ada atau lemah, maka sudah dipastikan kesisteman pariwisata akan terganggu atau tersendat-sendat kegiatannya. Karenanya dalam mengelola kepariwisataan diperlukan Manajemen Pariwisata yang betul-betul handal dan tepat sasaran.

Dalam blog saya kali ini, saya akan membahas mengenai sarana dan prasarana pendukung pariwisata di Indonesia.



1.    Prasarana Pariwisata

Prasarana pariwisata adalah semua fasilitas utama atau dasar yang memungkinkan sarana kepariwisataan dapat hidup dan berkembang dalam rangka memberikan pelayanan kepada para wisatawan.

Termasuk prasarana pariwisata:

·         Prasarana perhubungan, meliputi: jalan raya, jembatan dan terminal bus, rel kereta api dan stasiun, pelabuhan udara (air-port) dan pelabuhan laut (sea port/harbour)

Jalan Raya termaksud prasarana perhubungan pariwisata termaksud di Indonesia


·         Instalasi pembangkit listrik dan instalasi air bersih.

air bersih sudah cukup terdapat disebagian  wilayah Indonesia 


·         Sistem pengairan atau irigasi untuk kepentingan pertanian, peternakan dan perkebunan.

Sistem Pengairan Irigasi Pertanian di Indonesia 


·         Sistem telekomunikasi seperti telepon, pos, telegraf, faksimili, telex, email, dan lain.

sistem telekomunikasi sudah berkembang pada era modern seperti sekarang dan Indonesia pun tak kalah untuk bersaing 



·         Prasarana kesehatan seperti rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat.

rumah sakit dan pusat pelayanan masyarakat pun sudah terdapat di berbagai wilayah di Indonesia.


·         Prasarana keamanan

keamanan pun harus tercipta dimana-mana agar tercipta suasana yang aman dan tentram.


II. Sarana Pariwisata

     Sarana Pariwisata adalah fasilitas dan perusahaan yang memberikan pelayanan kepada wisatawan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Maju mundurnya sarana kepariwisataan tergantung pada jumlah kunjungan wisatawan.

Sarana pariwisata meliputi: 

1. PERUSAHAAN PERJALANAN SEPERTI TRAVEL AGENT, TRAVEL BUREU DAN TOUR OPERATOR.


saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menawarkan perjalanan agar kita dapat menikmati wisata kita selama kita berlibur di Indonesia

Adalah perusahaan yang menyelenggarakan kegiatan paket wisata dan agen perjalanan.
Kegiatan usaha biro perjalanan wisata:
§         Menyusun dan menjual paket wisata luar negeri atas dasar permintaan.
§         Menyelenggarakan atau menjual pelayaran wisata (cruise).
§         Menyusun dan menjual paket wisata dalam negeri kepada umum atau atas dasar permintaan.
§         Menyelenggarakan pemanduan wisata.
§         Menyediakan fasilitas untuk wisatawan.
§         Menjual tiket/karcis sarana angkutan, dan lain-lain.
§         Mengadakan pemesanan sarana wisata
§        Mengurus dokumen-dokumen perjalanan sesuai dengan peraturan yang berlaku.  

2. HOTEL DAN JENIS AKOMODASI LAINNYA

Yang termasuk jenis akomodasi: hotel, motel, wisma, pondok wisata, villa, apartemen, karavan, perkemahan, kapal pesiar, yacht, pondok remaja dan sebagainya.
Ø      Serviced Accomodation, akomodasi yang menyediakan fasilitas dan pelayanan makanan dan minuman.
Ø      Non-Service Accomodation, akomodasi yang tidak menyediakan makanan dan minuman. Sekurang-kurangnya harus menyediakan kamar berperabot (furnished room) dan tenaga untuk melayani keperluan tamu.

saat ini tempat menginap seperti hotel atau motel sudah banyak tersebar di dekat tempat wisata yang ada di Indonesia 


3. BAR, RESTORAN, KATERING DAN USAHA JASA BOGA LAINNYA
TOKO CENDRAMATA DAN PUSAT KERAJINAN
 DAYA TARIK WISATA
Suatu obyek daya tarik wisata pada pinsipnya harus memenuhi tiga persyaratan berikut:
Ø      Something to see (ada yang dilihat)
Ø      Something to do (ada yang dikerjakan)
Ø      Something to buy (ada yang dibeli/suvenir)

banyak restaurant atau tempat makan di Indonesia yang menawarkan banyak masakan Nusantara 



saat ini di Indonesia sarana dan prasarana pendukung kepariwisataan sudah mulai berkembang dan sudah cukup bagus tetapi masalahnya menurut saya adalah kebersihan yang harus terus dilestarikan dan dijaga, saat ini banyak tempat wisata yang masih perlu diperbaiki kebersihannya , agar tourist lokal maupun mancanegara jangan membuang sampah sembarangan. Pengelola nya masih belum terurus dengan pemerintahannya sehingga warga disekitar object wisatapun masih mengelola sendiri. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar